Kamis, 22 November 2012

Tips-Tips Seputar Otomotif


Apa itu Ban Mobil? Fakta Unik & Menarik tentang Ban Mobil

TIRES Ban Mobil 150x150 Apa itu Ban Mobil? Fakta Unik & Menarik tentang Ban Mobil
Sejak pertama kali diciptakan pada tahun 1911 oleh Philip Strauss,

 ban mobil telah mangalami perubahan sangat drastis.
Ban mobil generasi awal memiliki tabung karet di dalam kulit paling luarnya 

untuk menjaga agar ban tidak kempes.
Ban mobil masa kini dibuat dari berbagai macam komponen yang berbeda

 seperti radial belts, fiberglass, inner liners, treads, dan sidewalls.
Tanggal Pembuatan Ban
Lihat dan perhatikan nomor seri pada ban, tiga angka terkahir biasanya 

menunjukkan minggu dan tahun pembuatan ban.
Membaca Tekanan Ban dengan Akurat
Periksa tekanan ban saat kondisinya tidak panas untuk mendapatkan h

asil yang akurat.
Fakta Unik
Untuk membuat satu ban mobil dibutuhkan setengah barel minyak mentah.
Pemeliharaan Ban
Ban baru atau ban yang diisi angin dengan tekanan tepat akan meningkatkan

 kinerja kendaraan dan pengendalian mobil.
Keselamatan
Penyebab utama kegagalan ban biasanya karena kelebihan beban dan ban kempes.
Rotasi Ban
Untuk mengurangi keausan, rotasikan posisi ban dari depan 

ke belakang dan dari satu sisi ke sisi lain secara teratur.
Inspeksi Visual
Periksa tekanan ban dengan alat pengukur tekanan karena inspeksi visual bisa menyesatka


 Panduan Melakukan Perawatan Mobil

Tips Otomotif 6 Panduan Melakukan Perawatan Mobil 150x150 Tips Otomotif: 6 Panduan Melakukan Perawatan Mobil

Pemeliharaan rutin sangat penting untuk mobil Anda.
Perawatan secara teratur akan mengurangi kemungkinan 

timbulnya kerusakan tak terduga.
Anda harus meluangkan waktu untuk membaca buku manual 

mobil sebelum memulai perawatan.
Ini akan memungkinkan Anda menjadi akrab dan memahami 

bagian-bagian penting dari mobil Anda.
Tips dasar berikut dapat dijadikan rujukan untuk melakukan perawatan pada mobil:
1. Periksa ban
Ban akan berumur panjang dengan selalu memastikan tekanan ban sesuai 

dengan spesifikasi pabrik. Periksa buku manual untuk mengetahui
 berapa besar tekanan ban yang optimal bagi mobil Anda.
Periksa juga tapak ban. Ban perlu diganti jika benang ban telah mulai kelihatan.
2. Aki mobil
Berikut adalah tips perawatan aki mobil:
• Pastikan untuk melepas kabel dari baterai sebelum membersihkan aki.

 Bersihkan kabel dengan sikat kawat dan larutan satu gelas air dan satu sendok makan baking soda.
• Periksa koneksi kabel. Periksa apakah aki terikat kencang pada dudukannya. 

Jika ada kabel yang longgar, kencangkan.
3. Oli, pelumas, belt, dan selang-selang
Oli, pelumas, belts, dan selang dapat diperiksa dengan mudah.

 Periksa kompartemen mesin apakah ada level oli atau pelumas yang rendah. 
Periksa pula jika ada keausan pada belt mobil.
4. Rem
Pastikan rem dalam kondisi baik. Ada sejumlah cara untuk memeriksa rem.
• Rem perlu dibersihkan atau sepatu rem perlu diganti, jika rem berderit 

saat mobil dihentikan.
• Rem mungkin kekurangan tekanan hidrolik, jika mobil condong atau 

tertarik ke satu sisi saat pengereman.
• Minyak rem mungkin tidak penuh, jika saat pedal diinjak tidak terasa adanya tolakan

. Jika pedal bisa diinjak hingga habis ke bawah, ini berarti sepatu rem mulai tipis.
5. Wiper kaca depan
Saat wiper mulai tidak berfungsi optimal, segera ganti dengan yang baru. 

Mengganti wiper hanya membutuhkan waktu singkat dan mudah. 
Lihat di buku manual untuk membeli model wiper yang tepat.
6. Jadwal pemeliharaan
Mobil perlu di service teratur pada bengkel resmi. 

Disiplin pada jadwal service mobil Anda akan memastikan kendaraan 
selalu dalam kondisi baik.

4 Faktor yang Membuat Aki Mobil Cepat Mati (Kering)

aki mobil kering 150x150 4 Faktor yang Membuat Aki Mobil Cepat Mati (Kering)
Akan sangat membikin frustrasi ketika Anda berada dalam mobil 
dan mencoba memutar kunci kontak ternyata mobil Anda tidak mau dinyalakan.
Kondisi ini bisa terjadi akibat aki mobil yang sudah kering atau mati 

karena tidak bisa lagi menghasilkan energi listrik.
Secara umum, situasi ini mudah diperbaiki. Anda hanya 

perlu menghentikan mobil lain dan melakukan teknik ‘jump start’
 untuk kembali men-charge aki mobil Anda.
Cara lain, Anda dapat men-charge kembali aki yang mati dengan 

charger portabel yang mudah diperoleh di berbagai toko perlengkapan
 otomotif.
Berikut adalah beberapa faktor paling umum yang menyebabkan aki 

mobil Anda mati (kering).
1. Terlalu Banyak Mengemudi Jarak Pendek
Aki mobil berpotensi terkuras dengan sendirinya saat Anda terlalu 

banyak mengemudi jarak pendek.
Sering mengemudi mobil kurang dari 20 menit akan membuat

 alternator tidak memiliki cukup waktu untuk sepenuhnya mengisi ulang aki.
Sering mengemudi jarak pendek berpotensi mempersingkat umur aki mobil

 Anda yang biasanya bisa bertahan dari tiga sampai lima tahun.
2. Suhu Ekstrim
Aki mobil mengubah energi kimia menjadi energi listrik melalui

 reaksi kimia. Suhu yang ekstrim panas atau dingin dapat 
mempengaruhi kelancaran reaksi kimia dalam aki.
Suhu dibawah titik beku berpotensi membuat aki mobil mati sehingga

 perlu di-charge ulang.
Begitu pula suhu yang terlalu panas juga bisa membuat aki mobil

 cepat kering (mati).
3. Gadget Listrik
Selain untuk menstarter mobil, aki juga diperlukan sebagai sumber

 energi berbagai peralatan listrik pada mobil seperti lampu, klakson,
 hingga pemutar musik, dan radio.
Dengan adaptor, Anda bahkan dapat menggunakan aki mobil untuk 

men-charge telepon selular atau perangkat elektronik lainnya
Hal ini tentu saja membantu, tetapi berbagai gadget tambahan ini 

bisa membuat aki bekerja terlalu keras sehingga mudah kering.
Energi pada aki juga akan lekas terkuras saat Anda lupa mematikan 

lampu depan atau tidak menutup pintu secara benar.
Selain itu, mendengarkan musik atau radio dalam waktu lama saat 

mesin mobil dimatikan juga akan membuat aki cepat terkuras.
4. Korosi dan Usia
Korosi pada aki bisa membuat kinerjanya menurun signifikan. 

Ada berbagai cara untuk membersihkan korosi, yang umumnya
 terlihat seperti substansi tepung.
Anda dapat menggunakan alat pembersih khusus terminal aki

 atau menggunakan spray khusus yang dirancang untuk membersihkan
 terminal aki mobil.
Namun, sebaik apapun perawatan yang dilakukan, aki mobil tetap 

harus diganti setelah mencapai batas usia normalnya

4 Tips Membuat Aki Mobil Anda Lebih Tahan Lama

aki mobil 1 150x150 4 Tips Membuat Aki Mobil Anda Lebih Tahan Lama
Aki mobil harus selalu dipastikan berada dalam kondisi prima.
Sebagai satu-satunya pemasok energi listrik, aki mobil penting 

untuk menjamin mobil Anda memiliki kinerja optimal.
Statistik menunjukkan bahwa rata-rata aki mobil bisa bertahan selama 3 sampai 5 tahun.
Berikut adalah beberapa tips untuk memperpanjang umur aki mobil Anda:
1. Pastikan semua peralatan elektronik telah dimatikan sebelum Anda mematikan mesin.
Pastikan lampu depan, lampu parkir, lampu interior, radio, 

wiper mobil, alarm mobil, gps atau perangkat navigasi, pemutar musik, 
dan perangkat video telah dimatikan.
Berbagai peralatan yang dibiarkan hidup tidak hanya akan 

menguras daya aki mobil tetapi juga berisiko merusak sistem listrik mobil.
2. Pastikan aki mobil sudah terisi penuh (sudah dicharge) jika 

Anda tidak menyalakan mobil selama satu atau dua minggu.
Jangan biarkan aki mobil kering (tidak terdapat daya listrik). 

Memanaskan mobil secara teratur meskipun Anda tidak menggunakannya
 baik untuk menjaga agar aki tetap terisi.
3. Hindari korosi.
Korosi atau karat pada terminal aki dapat memperpendek umur aki.
Jika tidak sempat membersihkan sendiri, pastikan montir di bengkel 

kepercayaan Anda memeriksa dan membersihkan terminal aki secara teratur.
4. Periksa adanya kabel yang longgar serta periksa pula dudukan aki.
Dudukan aki yang berkarat dianjurkan untuk diganti. Dudukan yang rusak 

atau berkarat berpotensi membuat posisi aki tidak stabil sehingga akan b
ergetar atau berpindah posisi yang pada gilirannya memperpendek umur aki.
Drive belt pada mobil juga perlu diperiksa secara berkala. Belt yang rusak akan 

membuat proses charging aki tidak sempurna

Umur Aki Mobil: Berapa Lama Usia Pakai Aki Mobil?

aki mobil 2 150x150 Umur Aki Mobil: Berapa Lama Usia Pakai Aki Mobil?
Umur aki mobil rata-rata berkisar antara tiga hingga lima tahun.
Banyak variabel yang membuat perbedaan antara mengganti aki mobil 

tiap tiga tahun atau lima tahun.
Dengan perawatan yang tepat, amat mungkin membuat aki mobil Anda 

bertahan hingga waktu maksimum.
Fungsi
Aki mobil dibuat dengan prinsip yang hampir sama dengan aki yang dibuat 100 

tahun yang lalu.
Aki mobil biasanya merupakan aki asam timbal. Aki mobil mengubah energi

 kimia menjadi energi listrik.
Umumnya, Anda dapat menggunakan aki mobil tanpa pengisian selama

 dua jam sebelum aki habis sepenuhnya.
Alternator bertindak sebagai generator listrik untuk mengisi ulang baterai,

 tetapi hanya bekerja saat mobil berjalan.
Pemeliharaan
Jika dirawat dengan baik dan di-charge secara teratur, maka aki 

mobil dapat bertahan selama lima tahun.
Ketika Anda tidak menggunakan mobil dalam jangka waktu lama, l

epaskan koneksi terminal aki.
Hal ini akan menghentikan berbagai aplikasi elektronik yang tetap 

menyala meskipun mesin dimatikan seperti jam atau beberapa fitur 
perangkat stereo.
Daya aki juga akan habis dengan sendirinya saat mobil dibiarkan 

berada dalam cuaca sangat panas tanpa menghidupkan mesin 
setidaknya sekali setiap 48 jam.
Anda dapat men-charge aki mobil yang mati dengan menghubungkan
 ke terminal aki kendaraan yang berjalan, atau dengan menggunakan charger portabel.
Sementara aki mobil yang mati (kering) tidak akan merusak aki, namun 

hal ini berpotensi memperpendek masa pakai.
Untuk memastikan aki mobil Anda berumur panjang, periksa kondisi aki secara berkala.
Minta montir untuk sekaligus memeriksa aki saat melakukan penggantian oli.
Peringatan
Aki mobil mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat 

merusak pakaian dan membakar kulit serta mata.
Ketika bekerja menangani aki mobil, ingatlah untuk memastikan 

keselamatan Anda terlebih dahulu.
Bekerjalah di ruangan berventilasi baik, memakai kacamata

 pengaman, serta melindungi tangan dengan sarung tangan
  Struktur Engine

1.      Kepala silinder
Terpasang pada bagian atas blok silinder. Rute lintasan bagi 

coolant yang diisikan dalam kepala silinder dan komponen-komponen
 seperti mekanisme katup, sistem pemasukan dan alat pengapian yang t
erpasang pada bagian luar. 


2.      Mekanisma katup
Katup pembuka atau penutup, seperti fungsi yang

 dibutuhkan, untuk mengirim kombinasi campuran udara dan 
bahan bakar, untuk menutup ruang pembakaran atau untuk
 melepaskan uap bensin. 


3.      Blok Silinder
Blok silinder berisi piston/seher yang disebut silinder

 yang bergerak naik dan turun. Blok ini menopang crankshaft,
 dan juga, bertindak sebagai dasar untuk memasang komponen 
mesin lain yang berkaitan. Komponen-komponen yang dipasang t
ermasuk kepala silinder (pada bagian atas) dan komponen-komponen
 sistem lubrikasi/pelumasan (pada bagian bawah dan samping). 

4.      Piston/seher
Secara terus menerus bergerak ke atas dan ke bawah 

di dalam silinder dan gerakan ini diteruskan pada 
batang penghubung. 

5.      Batang penghubung
Menghubungkan piston dengan crankshaft 

dan mengubah gerakan terus menerus ke atas/ke bawah
 dari piston menjadi crankshaft. 



6.      Crankshaft
Mengubah gerakan ke atas/ ke bawah dari piston 

menjadi putaran melalui batang penghubung. 





 
7.      Fly Wheel
Mengatur keseragaman kekuatan dari putaran crankshaft. 

Selain itu juga meneruskan putaran crankshaft menuju
 ke sistem transmisi untuk memutar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar